Dofollow Blog dan Nofollow Blog

Posted: November 26, 2012 in Uncategorized

Sebelumnya saya sudah posting tentang daftar blog dofollow, tapi saya belum posting mengenai pengertian Dofollow itu sendiri dan apa keuntungan blog dofollow itu bagi kita. Kata-kata dofollow mungkin sudah dikenal luas dikalangan blogger, apalagi bagi sobat yang suka mencari backlink gratis. Memang menurut beberapa artikel yang saya baca, backlink sangat berpengaruh terhadap kenaikan google pagerank dan salah satu cara jitu mendapatkan backlink adalah dengan meninggalkan jejak di blog yang menganut paham Dofollow.

Blog Dofollow mengandung arti bahwa Link yang kita masukan saat comment di blog dofollow itu akan dianggap sebagai Backlink oleh search engine. Artinya sipemilik blog dofollow akan “mengijinkan” robot search engine untuk terus mengikuti jejak link komentar. Berbeda dengan blog nofollow, robot search engine tidak akan menelusuri link komentar. Yah.. kira-kira gitu deh arti yang saya pahami.

Sementara itu jika kita melihat lebih jauh ke alamat HTML yang digunakan dalam membedakan antara dofollow dan nofollow ini dapat kita lihat ilustrasi berikut ini :

Pada Blog terdapat tempat untuk memberikan komentar, pada proses pemberian komentar ini pemberi komentar akan disediakan sebuah ruang untuk memberi tanggapan pada setiap tulisan, disertai dengan identitas. Utamanya adalah URL/Alamat Blog Si pemberi komentar itu sendiri.

Contoh format URL/Alamat yang akan kita cantumkan adalah :

http://barajakom.blogspot.com/

Pada prosesnya, identitas tersebut juga dijadikan sebagai Link/tautan ke alamat yang dimaksud. Yang kemudian dialih-bahasakan ke HTML menjadi :

<a href=”http://barajakom.blogspot.com/”>http://barajakom.blogspot.com</a&gt;

Pada dasarnya seluruh Link/Tautan ke alamat tertentu akan mempunyai format seperti diatas. Akan tetapi, pada system blog, baik wordpress, blogger(blogspot), blogsome atau yang lainnya format standard tersebut dengan sendirinya (oleh blogger disebut automagically) berubah menjadi :

<a rel=”nofollow”href=http://barajakom.blogspot.com/>http://barajakom.blogspot.com</a&gt;

Apa yang berbeda? ya, yaitu munculnya attribute rel=”nofollow”. Jadi sudah jelas, sebenarnya untuk membuat Blog kita Do Follow adalah dengan cara menghilangkan attribute rel=”nofollow” tersebut.

Nha, berarti untuk format standar pada system blog, baik wordpress, blogger(blogspot), blogsome atau yang lainnya adalah nofollow, bagi yang akan merubah blognya menjadi dofollow harus menghilangkan attribute rel=”nofollow” tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s