Taklukkan Vietnam, Filipina Buka Kans ke Semifinal

Posted: November 27, 2012 in Uncategorized
FOTO:

Bangkok – Filipina memelihara peluang mereka lolos ke babak semifinal AFF Suzuki Cup 2012, setelah di laga kedua The Azkals menang tipis 1-0 atas Vietnam.

Dalam laga yang dihelat di Stadion Nasional Rajamangala, Bangkok, Selasa (27/11/2012) malam WIB, kedua tim bermain imbang sejak babak pertama hingga akhirnya di menit 85 Filipina membuat gol kemenangan lewat Chieffy Caligdong.

Dengan kemenangan ini Filipina sementara duduk di posisi kedua Grup A dengan tiga poin, usai kalah 1-2 dari Thailand di laga perdana. Tim asuhan Michael Weiss itu masih bisa merebut tiket semifinal andaikan menang atau minimal menahan imbang Myanmar di laga ketiga.

Sementara itu kekalahan kian bikin berat peluang Vietnam lolos karena mereka baru mengumpulkan satu poin dan akan bertemu favorit juara sekaligus tuan rumah Thailand di matchday terakhir.

Malam ini akan ada pertandingan lagi antara Thailand melawan Myanmar.

Jalannya Pertandingan

Sepuluh menit laga berjalan Vietnam mendapat peluang pertama lewat sontekan Le Tan Tai meneruskan umpan Le Cong Vinh, tapi bola masih terlalu lemah dan bisa diamankan Eduardo Sacaparno.

Filipina sempat beberapa kali mendapat peluang emas tapi James dan Phil Younghusband yang berada di lini depan tak mampu memanfaatkannya dengan baik. Pertahanan solid Filipina membuat Vietnam kesulitan membuat peluang.

Di menit 38 Phil punya kesempatan di kotak penalti tapi bola hasil sepakannya masih melebar dari sasaran.

Hingga babak pertama terakhir kedua tim tetap tak bisa mencetak gol hingga skor tetap 0-0.

Masuk di babak kedua Vietnam masih menguasai jalannya tapi tetap pertahanan Filipina tak bisa ditembus.

Di menit 59 Vietnam melancarkan serangan tapi tembakan salah seorang pemainya masih lemah dan tepat di pelukan Sacapano.

Filipina di ment 77 punya peluang juga lewat tandukan Angel Guirado namun bola masih tepat di tangkapan Duong Hong Son.

Guirado melewati hadangan dua peman Vietnam di menit 82 dan sampai ke kotak penalti ia melepaskan sepakan namun bola dengan cepat dihadang salah satu pemain Vietnam.

Lima menit jelang bubaran Filipina berhasil memecah kebuntuan lewat gol pemain pengganti, Chieffy Caligdong. Menerima umpan lambung Guirado, Caligdong mengontrol bola sekali lalu menuntaskan dengan sepakan setengah voli ke gawang Vietnam dan Filipina memimpin 1-0.

Tak lama kemudian Vietnam nyaris membalas andaikan sepakan salah seorang pemainnya tak menerpa mistar dan amanlah gawang Filipina.

Sampai laga berakhir Vietnam tak mampu membobol jala Filipina dan mereka mengakhiri duel dengan kekalahan 0-1.

Susunan Pemain

Vietnam: Duong Hong Son, Nguyen Minh Duc (Truong Dinh Luat 83′), Nguyen Gia Tu, Nguyen Van Bien, Tran Dinh Dong, Le Tan Tai, Pham Thanh Luong (Nguyen Van Quyet 73′), Huynh Quoc Anh, Phan Thanh Hung, Nguyen Trong Hoang, Le Cong Vinh (Nguyen Quang Hai 70′).

Filipina: Ed Sacapano, Rob Gier, Dennis Cagara, Juan Guirado, Ray Jonsson, Jerry Lucena, Jason de Jong, Paul Mulders (Angel Guirado 55′), Patrick Reichelt, James Younghusband

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s